atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

3 Resiko Mengunduh BBM ke Android

By Atjehcyber.net on 9/23/2013 | 06.23


Sebelum Anda menggunakan aplikasi BBM pada perangkat iPhone dan smartphone Android Anda, ada baiknya pahami dulu risikonya.

Bagaikan dua sisi mata uang, segala sesuatu tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk BlackBerry Messenger.

Meski sudah menjadi aplikasi pesan instan yang paling populer di Indonesia, yang penduduknya memang banyak menggunakan handset BlackBerry, aplikasi BBM tetap saja memiliki sisi negatif jika Anda sematkan pada iPhone atau smartphone Android Anda.

1. Baterai akan semakin boros

Berbagai perangkat Android menggunakan daya yang lebih besar dari kebanyakan handset BlackBerry. Dan kehadiran aplikasi BBM di dalamnya diyakini akan membuat kebutuhan daya semakin membengkak, apalagi dengan kondisi internet yang terus aktif.

Baik notifikasi maupun aktivitas di BBM tentu saja membutuhkan suplai tenaga lebih. Akibatnya, Anda akan lebih sering membutuhkan charger atau powerbank. Ya, inilah risiko pertama yang mesti dipahami.

2. Kuota internet jadi lebih boros

Sebagian besar operator seluler di Indonesia membagi paket internet BlackBerry dalam dua jenis, yakni BBM service dan full service. Artinya, BBM juga membutuhkan akses internet cukup besar yang menjadi alasan provider melakukan hal demikian.

Sementara bagi pengguna smartphone Android dan iPhone, kuota juga merupakan hal yang mutlak. Ketika kuota internet habis, kepintaran smartphone (Android dan iPhone) tak ada artinya dan praktis tak berguna.

Nah, saat menggunakan BBM, yang harus dipahami bahwa Anda akan membutuhkan kuota yang lebih banyak dari biasanya. Risikonya tentu saja pengisian ulang pulsa (jika menggunakan SIM card pra-bayar) akan lebih sering.

3. Serangan broadcast message

Pernah mendengar fasilitas broadcast message pada BBM? Ya, tentu saja mengingat BBM bukan lagi hal aneh di tengah masyarakat Indonesia. Di satu sisi, fasilitas ini memberikan nilai tambah yang sangat besar saat Anda berinteraksi dengan banyak orang. Namun, sekali lagi, tetap ada saja kekurangannya.

Broadcast message belakangan banyak digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan pesan-pesan tak berguna alias sampah (spam).

Inilah yang seringkali membuat pengguna handset BlackBerry jengkel. Dan bagi Anda pengguna iPhone dan smartphone Android yang akan menyematkan BBM pada perangkatnya, bersiap-siap juga untuk ikutan jengkel dengan serangan ini. (*/ini)

Like → Tweet :
Join → Follow :
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox