atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Andy Rubin, Sang Pencipta Android

By Atjehcyber.net on 9/28/2013 | 15.28


PONSEL pintar bersistem operasi Android sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Namun tahukah Anda siapa sosok pencipta teknology Android?

Dia adalah Andy Rubin, Dialah sosok di balik kesuksesan Android di seluruh dunia. Sang kreator Android.

New Bedford, 22 Juni 1946, pencipta Android lahir ke dunia. Pria yang sangat mencintai robot dan begitu antusias dengan hal yang berkaitan dengan robot.

Salah satu hal yang menjadi alasan mengapa lambang Android adalah sebuah robot.

Nyatanya, ia bekerja di bagian robotika pada perusahaan Carl Zeiss A.G, tempatnya pertama kali bekerja setelah lulus kuliah.

Sebelumnya Andy tertatih dalam menjalani pekerjaannya, sebelum ia bekerja di perusahaan sebesar Google. Ia membangun perusahaan, dan hancur. Kemudian membuat perusahaan baru lagi dengan ide-ide baru, lalu bangkrut lagi.

Hingga akhirnya ia menciptakan sebuah inovasi baru, yang berhasil 'diendus' masa depannya oleh Google untuk kemudian direkrut oleh perusahaan raksasa.

Pada awalnya Andy pernah bekerja di perusahaan Apple di bagian manufaktur. Ia bekerja di bawah kepemimpinan CEO John Sculley pada 1989, sebelum Steve Jobs mengambil alih kepemimpinan.

Namun kariernya di Apple tidaklah mulus ketika Andy dipindahkan ke bagian riset dan bekerja di anak perusahaan Apple, General Magic.

Anak perusahaan Apple itu berfokus pada pembuatan piranti lunak dan menghasilkan Magic Cap. Namun sayang Magic Cap sepi peminat dan General Magic akhirnya gulung tikar.

Mantan karyawan dan veteran Apple kemudian sepakat membangun perusahaan baru bernama Artemis Research pada 1995. Perusahaan yang berfokus pada pengembangan tayangan televisi yang digabung dengan internet, dan berganti nama menjadi MSN TV.

Perusahaan itu diakuisisi oleh Microsoft, dan akhirnya Andy keluar dari perusahaan pada 1999, menyewa sebuah ruko di Palo Alto, California, dan memuaskan dahaganya untuk menciptakan berbagai macam robot.

Bosan memproduksi robot sendirian, Andy kembali ingin membuka perusahaan pada 1999. Kali ini idenya mengembangkan sebuah perangkat laiknya ponsel yang memiliki kelebihan untuk mengakses data pada perusahaan bernama Danger Inc.

Seperti PDA, namun Andy mengatakan perangkatnya bukanlah PDA, tapi lebih dari itu. Ia menyebutnya Sidekick. Hingga akhirnya perusahaan kembali dibeli Microsoft dan Andy lagi-lagi keluar di tahun 2003.

Pada 2002 Andy sempat memberikan kuliah tamu pada suatu universitas tentang keunggulan Sidekick. Pada saat itu pula pendiri Google, Lary Page dan Sergei Brin, mengikuti kuliah tersebut. Petinggi Google menghampiri Andy seusai acara dan amat tertarik dengan idenya.

Dan lagi-lagi Andy membangun perusahaan baru bernama Android Inc pada 2003 dengan mengembangkan program Sidekick. Hingga pada 2005 Android dibeli oleh raksasa Google. Dan mulai saat itulah Android menjadi sistem operasi ponsel-ponsel di seluruh dunia. (*/okez)

| ATJEHCYBER

Like → Tweet :
Join → Follow :
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox