atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ide Gila Ilmuwan Bikin Lift ke Luar Angkasa

By Atjehcyber.net on 9/22/2013 | 00.21


Meluncurkan pesawat luar angkasa menggunakan roket berat tidak berbiaya rendah. NASA harus menggelontorkan hingga jutaan dollar Amerika Serikat setiap peluncuran roket menuju stasiun luar angkasa (ISS).

Dilansir Geek, Rabu (18/9/2013), meluncurkan objek ke luar angkasa, bahkan objek kecil adalah mahal. Bahan bakar roket diperlukan untuk membuat pesawat luar angkasa bisa mencapai orbit dan memakan dana yang tidak sedikit.

Ide untuk memunculkan space elevator (perangkat lift luar angkasa) tampak sebagai sesuatu yang masuk akal. Lift luar angkasa memerlukan ledakan energi bahan bakar roket dari waktu ke waktu, di mana meledakan objek ke dalam orbit luar angkasa akan memakan waktu dalam hitungan menit.

Lift luar angkasa memiliki banyak keunggulan dibandingkan alternatif solusi lainnya. Akan tetapi, proyek ini tampaknya membutuhkan total dana yang sangat besar. Muncul estimasi apabila sebuah objek dari Bumi diterbangkan ke orbit luar angkasa, akan memerlukan dana sebesar USD25 ribu. Maka, menggunakan lift inovatif ini diperkirakan hanya menghabiskan biaya USD200.

Ketimbang menggunakan bahan bakar roket berbiaya besar, muncul ide pengembangan pembangkit listrik khusus yang memungkinkan kinerja lift luar angkasa tetap optimal. Menggunakan solusi listrik dianggap lebih aman, lebih murah ketimbang meledakan roket ke luar angkasa.

Ada beberapa rintangan teknologi yang bisa diatasi dalam penerapan lift luar angkasa. Pengembang harus mampu membuat lift yang kuat, terjaga dari gerakan sekecil apapun. Selain itu, lift harus dapat memiliki kekuatan dan fleksibilitas.

Tidak hanya itu, lift harus dibuat dari material yang paling kuat. Tantangan lainnya juga muncul, perihal material yang bisa memiliki panjang hingga beberapa kilometer.

Carbon nanotubes merupakan solusi yang diyakini untuk masa depan. Namun, manufaktur carbon nanotubes kabarnya belum siap untuk proyek semacam ini.

Penggunaan lift luar angkasa nantinya diharapkan bisa digunakan untuk misi luar angkasa, seperti menangkap asteroid atau mengambil sampel Bulan. (*/geek/okz)

Like → Tweet :
Join → Follow :
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox