atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ada Berlian di Jupiter & Saturnus!

By Atjehcyber.net on 10/20/2013 | 04.07


Colorado - Studi terbaru mengungkap bahwa dua planet yaitu Jupiter dan Saturnus bisa mengandung 10 juta ton berlian. Bagaimana bisa?

Studi ini mengamati badai di Saturnus yang aktif menghasilkan partikel karbon, dikombinasikan dengan eksperimen dan model di laboratorium yang menyimpulkan bahwa dua planet itu menawarkan lingkungan stabil untuk pembentukan berlian.

"Hasil studi menunjukkan bahwa berlian padat bisa terdapat di seluruh daerah vertikal di kedua planet," kata Kevin Baines, peneliti di University of Wisconsin–Madison, seperti dikutip TecheBlog.

Seperti dilansir Inilah.com, teori-teori sebelumnya mengatakan hanya Uranus dan Neptunus yang terdapat berlian. Suhu dan tekanan yang intens di kedua planet tersebut dapat mengonversi atmosfer gas metana menjadi berlian yang akan turun seperti hujan.

Sementara Jupiter dan Saturnus, yang dianggap memiliki suhu yang lebih rendah dan metana yang lebih sedikit, sebelumnya tidak dianggap mampu membentuk permata berharga tersebut.

Namun badai petir hebat yang terjadi di atas awan Saturnus dan juga di Jupiter diyakini sebagai peristiwa kunci pembentukan berlian.

"(Badai) itu menciptakan sekitar seribu ton berlian per tahun, dan saya memperkirakan bahwa sekitar 30 ribu kilometer lapisan tebal yang mengandung berlian, ada sekitar 10 juta ton berlian yang dibentuk dengan cara ini," pungkasnya. (*/teb/inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox