atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Euforia BBM !!!

By Atjehcyber.net on 10/23/2013 | 21.44

Ilustrasi

Selasa 22 Oktober 2013 perusahaan smartphone BlackBerry resmi melepas aplikasi olah pesannya BlackBerry Messenger atau yang akrab dikenal BBM. Lebih dari 10 juta orang menyambutnya dengan suka cita, bak pahlawan yang baru pulang berperang.

Tentu saja hal itu mengebohkan dunia industri teknologi mobile phone. Bagaimana tidak, perusahaan yang diprediksi bakal mati lantaran penjualan perangkat handset-nya jeblok alias tidak laku di pasaran, justru bangkit melalui aplikasi BBM yang ditawarkan.

Menghadirkan BBM di iOS dan Android jelas memungkinkan BlackBerry basis paling potensial dan menjadi salah satu langkah memungkinkan bagi perusahaan asal Kanada itu untuk bersaing di arena jasa, meski harus bersaing ketat dengan sejumlah aplikasi chatting lain seperti Whatsapp, LINE, WeChat, atau KakaoTalk yang jauh lebih bagus dan menarik ketimbang BBM yang terkenal dengan PING!!!-nya itu.

Padahal juga, tidak ada yang baru di aplikasi BBM ini, sama seperti semua yang masih menggunakan BBM di perangkat BlackBerry. Berbeda dengan WeChat, Whatsapp, atau LINE yang lebih inovatif, kreatif, dan fresh. Dengan begitu, apa yang menjadi kehebatan BBM hingga memiliki magnet begitu besar di Indonesia?

Senior Product Marketing Manager Mobility and Security, APJ, Marrie Pettersson, berujar bahwa share market di Indonesia sangat besar.

Apalagi, smartphone besutannya tersebut bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti pesan teks, kirim foto serta video. Namun yang paling terpenting adalah penggunaan e-mail untuk kebutuhan kantor yang lebih mudah dibandingkan platform lainnya.

“Hal ini dikarenakan aktivitas mobility di Indonesia masih dalam tahap berkembang. Belum seperti negara lain yang sudah sejak lama maju,” ungkap Marrie di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dengan berbagai keunggulannya itu, menjadi wajar bila BlackBerry begitu digandrungi di Indonesia. Bahkan di gadang-gadang upaya ini adalah bentuk strategi perusahaan untuk mengembalikan kejayaan BlackBerry, yang mencoba peruntungannya dengan masuk ke area platform aplikasi iOS dan Android.

Persaingan Aplikasi Messenger Dimulai

Disisi lain, kehadiran BlackBerry Messenger (BBM) di Android dan iOS kian menambah persaingan pada aplikasi chatting. Namun kemunculan BBM lintas platform ini dinilai belum bisa menyamai layanan instant messenger lain yang lebih dulu ada.

Aplikasi BBM di Android dan iOS memang memiliki tampilan yang berbeda dengan tampilan di handset BlackBerry sebelumnya. Tampilan BBM lintas platform tampak seperti pada aplikasi BBM di sistem operasi BlackBerry 10.

Namun tak memiliki perbedaan fitur, alias sama saja dengan fitur-fitur yang sudah ada sebelumnya. BBM masih kalah unggul jika dibandingkan dengan aplikasi chatting lain seperti Whatsapp, LINE, WeChat, atau KakaoTalk.

"Ini akan meramaikan persaingan aplikasi chatting. Tapi aplikasi instant messaging lain sudah lebih dulu ada dan lebih kaya (fitur) ketimbang aplikasi BBM," kata Teguh, pengamat telekomunikasi sekaligus Founder Indonesian Cloud Forum.

Aplikasi olah pesan WhatsApp yang memiliki pengguna 100 juta lebih, memiliki fitur sharing video yang tak dimiliki oleh BBM. Sedangkan LINE, lebih unggul dengan berbagai stiker. Bahkan, aplikasi chatting dari KakaoTalk memiliki game yang bisa dimainkan bersama-sama dengan teman ngobrol. (*/okz)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox