atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Indonesia: Raja Serangan Cyber Terbesar Dunia

By Atjehcyber.net on 10/21/2013 | 14.09


Jakarta - Indonesia kini menjadi sumber lalu lintas serangan cyber terbesar dunia pada kuartal kedua 2013, menyalip raja cyber attack sebelumnya, China.

Laporan dari Akamai ini melacak serangan di IP address dari 175 negara selama kuartal tersebut. Serangan yang muncul dari Indonesia adalah hampir dua kali lipat dibandingkan pada kuartal pertama tahun ini.

Angkanya kira-kira tumbuh 38% dari semua lalu lintas serangan cyber secara global. Tetapi itu bukan berarti banyak peretas yang kini berbasis di tanah air, tetapi banyak dari mereka yang membajak IP address lokal.

"Sebagai contoh, seorang peretas di Rusia bisa meluncurkan serangan dari sistem di China," ujar pihak Akamai, seperti dikutip Xconomy.

Negeri Tirai Bambu China mewakili 33% dari semua lalu lintas serangan cyber global, atau turun secara dramatis dan kini dibawah Indonesia. Amerika Serikat duduk di peringkat ketiga dengan hanya 6,9% saja, terpisah jauh dari Indonesia dan China.

Laporan ini menunjukkan bahwa seiring meningkatnya tingkat adopsi broadband dan kecepatan koneksi Internet di tanah air, negeri ini semakin rentan terhadap peningkatan eksploitasi di internet via serangan cyber. (*/xco/inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox