atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Inilah Atomic, Jam Terakurat di Dunia seharga Rp.138 juta

By Atjehcyber.net on 10/04/2013 | 14.38


Telah lama diketahui, predikat jam terakurat di dunia disematkan pada jam atomik. Jam ini memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk melacak getaran atom yang sangat teratur.

Umumnya, jam ini digunakan di fasilitas pemerintahan. Selain itu, jam atomik juga digunakan untuk menjaga sistem navigasi GPS dan mengontrol frekuensi gelombang siaran televisi.

Namun kini, seperti dilaporkan laman Discovery News, Rabu, 2 Oktober 2013, jam atomik bisa dimiliki oleh siapa saja. Jam yang dirancang sebagai jam tangan ini dibuat oleh produsen jam olahraga dan jam penyelam bernama Bathys Hawaii.

Jam atomik yang diberi nama Cesium 133 ini diklaim sangatlah akurat. Jam ini hanya akan kehilangan sedetik per 1.000 tahun. Cesium 133 bekerja seperti jam yang ada di lembaga pemerintahan.


Kandungan sesium dalam jam dipanaskan dan melewati tabung vakum yang dikelilingi oleh medan magnet dan medan gelombang mikro.

Gelombang mikro ini mengubah atom sesium menjadi energi dan memancarkan sinyal pada frekuensi yang sangat spesifik.

Penunjuk waktu super akurat ini memiliki fisik yang cukup besar, yakni 5,8 x 4,8 x 2,3 sentimeter. Namun, Bathys mengatakan akan mengecilkan ukuran jam agar terlihat lebih trendi. Dengan kecanggihannya, tentu saja ada harga besar yang harus dibayar pembeli.

Pembeli harus merogoh kocek sebesar Rp 138 juta. Jam atomik ini tergolong ekslusif dengan edisi terbatas. Pasalnya, Bathys hanya menyiapkan 20 buah jam.

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox