atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Peneliti Akan Buat Peta Galaksi Bima Sakti

By Atjehcyber.net on 10/26/2013 | 00.30


Sampai sekarang, manusia masih mereka-reka seperti apa dan seberapa luas galaksi Bima Sakti ini. Hal itu disebabkan karena tidak adanya peta untuk mengetahui segala hal, lokasi dan lainnya di galaksi ini.

Untuk itu, ada sebuah misi angkasa luar yang bertujuan untuk memetakan lokasi, planet, bintang dan segala hal di dalam lingkup galaksi Bima Sakti.


Seperti dikutip dari Gizmag (24/10), misi yang dinamakan 'Gaia' tersebut akan memetakan sedikitnya 1 miliar bintang yang terdapat di dalam Bima Sakti dengan kamera beresolusi sebesar 1GP (gigapixel).

Kamera yang dimiliki Gaia ini akan mampu menghasilkan peta 3D dari galaksi Bima Sakti, diharapkan akan ditemukannya ratusan ribu asteroid dan komet di tata surya serta mungkin planet yang dapat dihuni juga banyak lagi.



Namun, dikarenakan masalah teknis, misi Gaia ini ditunda oleh European Space Agency (ESA). Diperkirakan pesawat untuk memetakan galaksi Bima Sakti ini akan dirilis pada bulan Desember mendatang. (*/gzm/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox