atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Sejarah Kelam Cyber Crime Dunia

By Atjehcyber.net on 10/23/2013 | 10.36


Penyerangan hacker dari Rusia ke Estonia yang membuat lumpuh perekonomian negara tersebut benar-benar menjadi sejarah buruk cyber dunia, selain serangan DDoS di sejumlah negara di dunia.

Selain kasus Estonia dan Georgia, kasus-kasus lain yang menjadi sejarah kelam cyber dunia adalah Cuckoos Egg, Morris Worm, Solar Sunrise, Moonlight Maze, Chinese Espionage, Buckshot Yankee, Stuxnet & Iran v US, serta US espionage.

Menurut Bill Woodcock dari Packet Clearing House AS, dalam kasus Estonia, dua internet exchange dan saluran serat optik yang keluar negara tersebut dimatikan.

Di Georgia, tidak ada internet exchange, sementara enam dari tujuh serat optic di negara tersebut melewati Rusia, negara yang menyerang mereka. Ini bedanya dengan kasus di Estonia, ungkapnya, dalam forum Workshop IGF, Selasa (22/10).

Menurut dia, serangan di Georgia berhasil dengan sangat sukses, karena negara offline selama beberapa bulan. Sayangnya, tambah Bill, pemerintah Rusia enggan mengungkapkan identitas hacker yang belakangan menyebut dirinya sebagai NASHI.


Bill mengungkapkan pihaknya meghabiskan USD 8 juta untuk melindungi root server di Estonia dan segera mengatasi serangan tersebut.

Seperti diketahui, dalam serangan hacker ke Estonia, seluruh jaringan baik perbankan, telekomunikasi, dan jaringan vital lainnya lumpuh total. Akibatnya, aktivitas masyarakat dan negara juga lumpuh total. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox