atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Tak Ingin Jadi Bulan-bulanan di Dunia Maya! Ini Tipsnya

By Atjehcyber.net on 10/22/2013 | 13.43


Banyak orang tak sadar apa yang dilakukannya dalam dunia maya bisa berakibat fatal di dunia nyata. Seperti cyberbullying misalnya, tindakan ini bisa terjadi lantaran tak adanya kepekaan dari sang korban sendiri.

Efek cyberbullying sendiri kalau boleh dibilang memang sangat berbahaya. Ada yang merugi secara materi, ada pula yang dipermalukan hingga ambil jalan pintas dengan cara bunuh diri.

Oleh karenanya, sebelum hal ini terjadi pada Anda atau orang yang Anda sayangi, lebih baik lakukan beberapa langkah berikut ini yang disadur dari pendapat Sameer Hinduja, Ph.D. dan Justin W. Patchin, Ph.D., ahli dan pemerhati cyberbullying.

1. Perbanyak informasi

Untuk mencegah tindakan cyberbullying, ada baiknya Anda harus memahami terlebih dulu apa itu cyberbullying. Peneliti sendiri sudah banyak membicarakan tentang apa itu cyberbullying dan kapan saja bisa terjadi.

Oleh karenanya, lebih banyak lagi menggali informasi tentang ini dan komunikasikan dengan beberapa teman yang mungkin pernah mengetahui atau mengalaminya.

2. Lindungi privasi

Informasi pribadi mengenai password dan data diri lainnya memang tak boleh diketahui oleh orang. Cukup Anda dan Tuhan saja yang tahu mengenai hal ini.

Maka, jangan pernah umbar hal apapun mengenai diri Anda yang sekiranya tak pantas dikonsumsi publik. Jika tidak, maka nasib Anda mungkin akan benar-benar sial.

3. Jangan pernah buka konten 'abu-abu'

Saat ini orang tak bertanggung jawab memiliki banyak cara untuk menjebak korbannya agar mau membocorkan data pribadinya.

Salah satu caranya, dengan memberikan jebakan lewat konten seperti ini.

Jika menerima email atau pesan dari orang yang tak Anda kenal, terlebih dari orang yang memiliki reputasi buruk, lebih baik jangan dibuka. Langsung saja hapus konten ini agar Anda tak terancam.

4. Tingkatkan kewaspadaan

Seringkali korban tak menyadari bahwa kelalaian merekalah yang jadi penyebab utama aksi cyberbullying itu sendiri. Mereka biasanya seenaknya sendiri melakukan segala aktivitas di dunia maya tanpa berpikir ke depan tentang efek yang akan terjadi pada dirinya sendiri.

Oleh karena itu, mulai perhatikan apa yang akan Anda lakukan. Baik itu dalam hal berteman, menulis komentar, atau memasukkan indentitas pribadi, semuanya harus dipikirkan dengan matang sebelum dilakukan.

5. Jangan jadi cyberbully

Perlakukan orang lain dengan perlakuan yang ingin Anda dapatkan dari orang lain. Jangan jadi bully bagi orang lain kalau Anda tak ingin dibully. Ingat, hukum karma itu ada! (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox