atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Tak Lama Lagi, Internet Bisa Diakses dengan Lampu LED

By Atjehcyber.net on 10/27/2013 | 19.46


Para ilmuwan dari Shanghai Institute of Technical Physics di China belum lama ini telah menemukan sebuah media transfer data baru untuk mendukung koneksi internet, yaitu bohlam lampu LED.

Tujuan ilmuwan mengembangkan teknologi yang disebut dengan Light Fidelity (LiFi) ini untuk menyuguhkan layanan internet berkecepatan tinggi bagi banyak orang, mengingat saat ini internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia.

Dilansir Damn Geeky, Sabtu (26/10/2013) hanya dengan satu watt bola lampu LED, maka empat perangkat komputer bisa terhubung dan menjalankan internet secara bersamaan. Hebatnya, metode baru ini menyediakan kecepatan transfer data yang lebih cepat dan murah dibanding WiFi.

Hal itu dibuktikan dari percobaan bola lampu yang ditanami microchip mampu menghasilkan kecepatan transfer data hingga 150 Mbps. Kecepatan itu melebihi koneksi WiFi yang terdapat di Negeri Tirai Bambu itu.

Melihat itu, tentu saja teknologi ini memiki potensi besar untuk digunakan pada beberapa tahun mendatang. Pertanyaannya, bagaiamana jika terjadi pemutusan aliran listrik apakah bola lampu itu masih bisa menyediakan koneksi internet?

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox