atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ubur-ubur di Luar Angkasa?

By Atjehcyber.net on 10/21/2013 | 10.51


INILAH.COM, Washington - Tak hanya di Bumi, ternyata ubur-ubur juga ada di luar angkasa sejak 23 tahun silam. Bagaimana bisa?

NASA mengungkap bahwa sejak awal 1990-an, mereka telah mengirim ubur-ubur ke luar angkasa demi pengembangan ilmu pengetahuan.

Selama misi Spacelab Life Sciences (SLS-1) pertama pada 1991, pesawat ulang alik Columbia saat itu mengirim 2.478 ubur-ubur yang dikemas dalam kemasan seperti kantong dengan air laut buatan.

Astronot menyuntikkan bahan kimia ke dalam tas tersebut yang akan menginduksi ubur-ubur untuk berenang bebas dan bereproduksi. Selama misi, ternyata pertumbuhannya sangat pesat hingga ada 60 ribu ubur-ubur yang mengorbit Bumi.

NASA melakukan percobaan tersebut adalah untuk menguji pengaruh mikrogravitasi pada ubur-ubur. Tujuannya adalah untuk menguji bagaimana ubur-ubur akan merespons hidupnya ketika kembali ke Bumi.

Hasilnya diketahui bahwa ubur-ubur, mirip seperti manusia dalam cara menyesuaikan dirinya dengan gravitasi, seperti dinukil Mashable.

Ketika kembali ke perairan di Bumi, ubur-ubur tersebut mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan kondisi perairan di Bumi beserta gravitasinya yang jelas berbeda dengan kondisi yang ada di luar angkasa. (*/msb/inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox