atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Yukk! Jalan² ke Pusat Data Mesin Pencari Google (PHOTO)

By Atjehcyber.net on 10/30/2013 | 21.57


Pernahkan terpikir oleh Anda bahwa raksasa mesin pencari, Google tidak pernah berhenti beroperasi untuk mempertahankan 13 pusat datanya di seluruh dunia. Di masing-masing pusat data, Google memiliki fasilitas seperti sistem komputer rumah selama beberapa dekade ini.

Dilansir HowItWorksDaily, mereka umumnya digunakan untuk membuat cadangan data dalam bentuk arsip besar atau lebih dikenal sebagai sistem komputasi awan (cloud computing). Adapun pusat data ini telah tumbuh secara proporsional dengan luasnya ekspansi internet dalam 20 tahun terakhir ini.

Kantor pusat data Google dijaga dengan keamanan yang ketat karena di dalamnya terdapat jutaan peralatan komputasi. Saat ini sendiri, enam pusat data raksasa pencari tersebut terletak di Amerika Serikat (AS), tiga di Eropa dan tiga lainnya tersebar di Asia.

Google memiliki baterai pada setiap servernya, sehingga memungkinkannya untuk lebih menghemat daya. Pada musim panas, komputer di pusat data akan lebih cepat panas. Untuk mengatasinya perusahaan asal California ini menggunakan air dingin fjord untuk menjaga kestabilan mesinnya agar tetap dingin.

Berikut FOTO-FOTO:


















KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox