atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

(2020) Misi Phobos-Grunt 2

By Atjehcyber.net on 11/14/2013 | 02.01


MOSCOW - Russian Federal Space Agency (RosCosmos) akan mengirimkan pesawat luar angkasa dalam orbit di sekitar bulan milik Mars, Phobos. Misi ini dijadwalkan untuk meluncur pada 2020.

Ilmuwan menjelaskan bahwa Phobos memiliki ukuran lebih kecil ketimbang Bulan. Phobos ini kabarnya berukuran diameter 11,1 kilometer dengan luas permukaan selebar 6.100 kilometer persegi.

Dilansir Softpedia, Selasa (12/11/2013), meskipun lebih kecil dari Bulan yang mengorbit Bumi, Phobos berukuran 8 kali lipat lebih besar dibandingkan bulan Mars lainnya, Deimos.

RosCosmos seperti diketahui pernah meluncurkan misi Phobos-Grunt ke Mars pada 8 November 2011. Akan tetapi, pesawat luar angkasa ini mengalami kegagalan dan terdampar di orbit rendah Bumi.

Kini, Rusia berencana untuk membangun pesawat luar angkasa lain untuk menjelajahi Phobos. Rencana ditetapkan pada 2020 dengan nama misi Phobos-Grunt 2 yang menampilkan versi peningkatan pada armada luar angkasa serta kemampuan membawa pulang sampel.

Insinyur mengatakan, pesawat luar angkasa dibekali kemampuan mengumpulkan sampel dari permukaan Phobos dan membawa kembali ke Bumi untuk dipelajari. Mempelajari Phobos akan memberikan data berharga bagi ilmuwan.

Ilmuwan juga bisa mengetahui apakah terdapat material yang dilepaskan dari permukaan Mars oleh asteroid atau komet kuno. Material dari Mars tersebut dipercaya terletak di permukaan Phobos.


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox