atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Balasan Atas Penyadapan!

By Atjehcyber.net on 11/20/2013 | 12.41


Jakarta - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengingatkan Australia betapa seriusnya masalah penyadapan badan intelijen negeri itu, Defence Signals Directorate, terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan pejabat-pejabat lainnya di Indonesia.

Sebagai balasan atas sikap Australia yang tidak mau minta maaf, Indonesia mengurangi komunikasi dengan Negeri Kanguru tersebut.

"Pemerintah Indonesia akan menurunkan derajat hubungan dan mengurangi akses komunikasi antarkedua negara, termasuk dengan kedutaannya. Ini sebagai wujud dari pandangan kami bahwa masalah ini tidak lazim," tegas Marty di Kemenlu, Jakarta, Rabu (20/11/2013).

Menurut Marty, Indonesia akan menerapkan asas resiprositas (imbal-balik) dalam pertukaran informasi dengan Australia. Ini dimaksudkan agar jangan sampai langkah yang diambil Pemerintah RI mencederai kepentingan nasional. Semua harus terukur sesuai dengan tanggapan dan sikap dari pihak Australia.

Atas kemarahan Indonesia terkait penyadapan itu, sebelumnya Perdana Menteri Australia Tony Abbott merasa negaranya tidak bersalah. Sebab, katanya, pemerintah manapun di dunia punya tugas utama melindungi negaranya dan mengedepankan kepentingan nasional.

"Setiap pemerintah mengumpulkan informasi, dan mereka (Indonesia) pun tahu bahwa pemerintah negara lain melakukan hal serupa," tutur Abbott di hadapan parlemen Australia. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox