atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Facebook Dikabarkan akan Beli BlackBerry

By Atjehcyber.net on 11/03/2013 | 04.55


Petinggi BlackBerry terbang ke California untuk bertemu eksekutif Facebook pekan lalu guna membicarakan minat Facebook membeli produsen smartphone yang tengah sekarat itu, ujar sumber.

Masih belum diketahui apakah Facebook ingin mengajukan tawaran kepada BlackBerry. Juru bicara kedua perusahaan menolak berkomentar.

Pertemuan ini menimbulkan spekulasi bahwa Facebook ingin memiliki produk smartphone sendiri. Dalam beberapa tahun terakhir Facebook mengalihkan fokusnya ke pengguna perangkat bergerak, dengan hampir setengah dari hasil penjualannya diperoleh dari iklan mobile.

Facebook pun sangat bergantung pada produsen gadget seperti Apple dan Samsung untuk mendistribusikan aplikasinya dan mengumpulkan data pengguna.

Dengan membeli BlackBerry, Facebook dapat mengurangi ketergantungan pada produsen gadget dan menjual ponselnya sendiri untuk pengguna fanatiknya. Meski demikian, Facebook harus membangkitkan kembali BlackBerry, brand yang telah gagal di pasar tahun ini.

Baru-baru ini BlackBerry mengatakan akan menghentikan pemasaran produk terbaru untuk konsumen setelah terbukti tidak laris di pasar. Perusahaan asal Kanada itu memilih fokus kepada klien di kalangan korporasi dan pemerintahan.

Facebook dapat mencoba membuat ponselnya sendiri dengan memanfaatkan aset dan paten BlackBerry. Namun CEO Facebook Mark Zuckerberg telah terang-terangan menyangkal rumor bahwa jejaring sosial itu ingin merilis ponsel sendiri. Zuckerberg menganggap hal tersebut sebagai “strategi yang salah.” Sebagai alternatif, Facebook kini memilih fokus di pengembangan software untuk ponsel bernama Facebook Home.

Setiap calon pembeli BlackBerry harus meneliti sejumlah aset milik perusahaan ponsel itu, meski nilai aset itu masih menjadi bahan perdebatan.

BlackBerry memiliki uang kas sekitar $2,6 miliar dan nihil utang. Namun dana tunai itu mulai berkurang lantaran penjualan ponsel yang melemah, inventaris yang menumpuk, dan pengurangan karyawan. (*/wallstreetjournal)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox