atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Facebook: Kemanakah Para Remaja Berpaling?

By Atjehcyber.net on 11/01/2013 | 16.15


California - Facebook mengakui bahwa layanan jejaring sosial mereka mulai ditinggalkan oleh kalangan remaja. Kemana saja para remaja itu berpaling?

Facebook kini tak lagi menjadi pujaan nomor satu untuk jejaring sosial bagi remaja. Hal tersebut diakui langsung oleh David Ebersman, CFO Facebook.

"Kami melihat penurunan penggunaan sehari-hari dari khususnya di kalangan remaja," ujarnya.

Menurut Ebersman, usia remaja itu adalah 13-17 tahun dan mayoritas dari mereka mengakses internet dengan menggunakan smartphone.

Lalu, kemana saja para remaja itu berpaling dengan smartphone itu? Berikut adalah aplikasi yang mulai digemari oleh mereka.

1. Instagram



Menurut data yang dikumpulkan Pew, 18% remaja pemilik telepon genggam menggunakan Instagram. Mereka tidak hanya memasang foto makanan atau foto diri, tetapi juga memberi komentar lucu dan konyol.

Instagram yang dibeli dengan harga US$1 miliar pada April 2013 oleh pendiri Facebook Mark Zuckerberg, menyatakan kini mempunyai 150 juta anggota aktif.

2. Snapchat


Para remaja juga senang menghabiskan waktu melihat-lihat foto yang lenyap dalam 10 detik. Snapchat merupakan alat komunikasi lain yang semakin digemari.

Meski tidak punya data akurat, namun Snapchat mengaku setiap hari ada 350 ribu gambar ‘snaps’ dikirim di jejaring ini.

3. WhatsApp, Kik, dan Pengiriman Pesan Singkat



Mereka membentuk jejaring sosial untuk kalangan mereka sendiri, seperti Kik, WhatsApp dan lainnya. Mereka bisa mengirim pesan, foto dan bentuk pesan lainnya untuk kalangan terbatas saja.

Bahkan WhatsApp baru saja mengumumkan bahwa mereka kini memiliki 350 juta pengguna aktif bulanan.

4. Pheed



Ini adalah jejaring sosial lain yang juga mulai digemari remaja. Pheed yang lahir beberapa bulan lalu merupakan jejaring menggunakan multimedia seperti Facebook.

Pheed mampu mengubah status pengguna, mengunggah video lebih cepat atau foto-foto seperti Instagram.

5. AskFM



Jejaring sosial ini menjadi tempat nongkrong remaja di dunia maya. Mereka dapat berdiskusi, mengunggah pertanyaan, topik hangat dan foto serta video lainnya.

Menurut Business Insider, separuh dari 85 juta pengguna adalah remaja berusia di bawah 18 tahun. Karena penggunanya bisa menyamar tanpa menyebut nama aslinya, kata-kata yang dipasang bisa kampungan dan konyol selayaknya remaja. 

6. Twitter


Popularitas jejaring bergambar burung biru ini mampu mengalahkan Facebook. Sebanyak 26% pengguna menobatkan Twitter sebagai tempat sosial paling penting bagi mereka. Hanya 23% mengatakan Facebook lebih penting, merosot dibandingkan tahun lalu. [inilah]


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox