atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Hewan Terlangka di Dunia Terekam Kamera

By Atjehcyber.net on 11/16/2013 | 11.34


Kamera pemantau hewan liar yang dipasang oleh Worl Wildlife Fund (WWF) di wilayah Vietnam berhasil merekam sosok mamalia sangat langka yang tak pernah terlihat lagi sejak 14 tahun silam. Hewan mamalia bernama Saola ini memiliki dua tanduk yang sangat panjang dan dijuluki 'Unicorn Asia'.

Awalnya spesies langka ini pertama ditemukan pada tahun 1992. Namun mamalia yang bernama latin Pseudoryx Nghetinhensis ini sangat sulit ditemukan keberadaannya. Setelah 1992, Saola liar baru ditemukan lagi di tahun 1999. Dan pada 1996, hewan ini juga sempat dipelajari oleh peneliti saat penduduk di Laos menangkapnya.

Berdasarkan sosok Saola yang terekam di hutan Vietnam, peneliti memprediksi habitat dari hewan mamalia langka ini berada di Pegunungan Annamite di perbatasan Laos dan Vietnam. Peneliti juga memprediksi, berdasarkan dari begitu langkanya hewan ini ditemukan bisa diartikan keberadaannya hanya tinggal satu ekor di dunia.

Namun Organisasi Konservasi Alam Internasional berpendapat masih ada kemungkinan beberapa ekor Saola yang hidup di hutan wilayah Laos dan Vietnam. "Ini adalah momen bersejarah di Vietnam agar kita terus berusaha melindungi hewan mamalia yang sangat langka ini. Kita harus menjaga habitat Saola untuk menjaga keberlangsungan spesiesnya yang hampir punah," kata peneliti Dang Dinh Nguyen seperti dilansir Softpedia, Jumat (15/11/2013).

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox