atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Icon Hewan Di Logo Firefox Bukanlah Rubah Merah

By Atjehcyber.net on 11/17/2013 | 00.13


Netter, tahukah Anda bahwa logo Firefox itu sebenarnya bukan rubah berbulu warna merah?

Sebuah twit menarik yang muncul di sebuah account Twitter bernama Hidden Fatcs, @Factsionary, bertuliskan, "The animal in the Firefox logo is not actually a fox. It's Red Panda - Hewan yang digunakan sebagai logo Firefox sebenarnya bukan rubah. Hewan itu adalah Panda berbulu merah."

Tentunya, selama ini ada banyak orang yang mengira bahwa logo Firefox tersebut adalah seekor rubah berwarna merah sedang mendekap bumi. Namun, ternyata bukan.

Ketika coba dicheck di Wikipedia, ternyata memang hewan tersebut bukanlah rubah melainkan seekor beruang merah. Bahkan di beberapa website menyatakan bahwa pertama kali muncul, perusahaan pencipta browser ini menggunakan logo Phoenix.

Logo Phoenix digantikan dengan logo Firebird pada tahun 2003 karena terkendala masalah hak cipta logo. Belum ada satu tahun mulai dari penggantian, kembali logo tersebut tersandung masalah hak cipta dan berganti lagi menjadi seperti sekarang.

Logo Firefox seperti saat ini tersebut dibuat pertama kali oleh seseorang bernama Steven Garrity. Dalam emailnya kepada tim Firefox mengatakan, "Firefox sebenarnya adalah seekor panda merah yang lucu, tapi karena tidak begitu mengintepretasikan nama browsernya, maka sedikit didesain agar tidak begitu terlihat seperti seekor panda."

Setelah mendapatkan persetujuan dari pihak Firefox, akhirnya, sketsa logo tersebut diperbaiki kembali oleh Daniel Burka dan Stephen Desroches.

Sayangnya tidak ada penjelasan kenapa harus menggunakan panda merah sebagai ikon-nya bukan langsung rubah sesuai nama browser tersebut.

Sumber: Thinsmek.com, Wikipedia.org, Twitter.com/Factsionary, Foxkeh.com, Firefoxftw.com, Etiziano.com


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox