atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Ilmuwan Cari 100 Ribu Sukarelawan DNA

By Atjehcyber.net on 11/09/2013 | 19.36


London - Para ilmuwan Inggris mencari 100 ribu sukarelawan untuk diambil DNA-nya dan diterbitkan di internet sebagai cara untuk mencari pengobatan baru untuk sejumlah penyakit seperti kanker dan Alzheimer.

Proyek Personal Genome akan menjadi wadah khusus bagi para ilmuwan untuk mempelajari penyakit dan genetika manusia, demikian dilansir BBC.

Para sukarelawan akan dianalisis sampel DNA-nya sehingga dapat diterbitkan di internet namun kerahasiaan identitas tidak dijamin.

Para sukarelawan juga diperingatkan bahwa ada risiko profil genetika mereka dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan asuransi untuk digandakan atau bahkan untuk kejahatan.

Beberapa ribu sukarelawan mendaftarkan diri untuk proyek serupa yang dimulai di AS pada 2005.

Analisis di balik rahasia DNA disebut dapat membuka pemahaman lebih jauh tentang penyakit.

Analisis penyakit Alzheimer dikembangkan dengan mempelajari perbedaan DNA manusia yang mengidap penyakit itu dan yang tidak.

Profesor George Church, yang menjalankan proyek serupa di AS, mengatakan analisis 100 ribu DNA dapat membuka jalan pengobatan berbagai penyakit lain.

"Kami menemukan bahwa semakin banyak penyakit seperti ini sebenarnya adalah semacam kumpulan penyakit," ujar Profesor Church.

"Dahulu, kanker adalah satu penyakit dan kemudian pecah menjadi berbagai penyakit karena jaringan dan kemudian terpecah lagi menjadi subkategori berdasarkan gen yang terkena, dan saat ini kanker terdiri dari ribuan penyakit," tambah Church.

Sejumlah pihak menentang proyek seperti ini karena kemungkinan penyalahgunaan.

Dr David King dari kelompok Human Genetics Alert mengatakan, "Human Genetics Alert menyerukan dengan sangat agar jangan ada yang memberikan informasi genetika untuk satu proyek yang kemudian akan diterbitkan agar dapat dilihat semua orang."

"Begitu data Anda ada di internet, Anda tidak pernah dapat menghapusnya. Prosedur persetujuan dalam proyek ini tidak berlaku karena Anda tidak diberitahukan risikonya," kata Dr King.


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox