atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Jangan Jadikan UN sebagai Indikator Penilai Siswa

By Atjehcyber.net on 11/23/2013 | 19.12


DENPASAR - Ujian nasional (UN) dinilai dapat dipakai untuk memetakan, menyeleksi, serta sebagai penentu kelulusan dan pembinaan pelajar. Karenanya, UN mestinya diarahkan untuk tujuan dan bukan semata-mata indikator untuk menilai siswa maupun sekolah.

Ke depan, UN akan digunakan untuk mengukur indeks prestasi sekolah, demikian pula dengan persepi masyarakat terhadap lembaga pendidikan tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Unit Kerja Menteri Bidang Pengawasan Pengendalian Pembangunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Agnes Tuti Rumiati, saat diskusi "Pengukuran Umpan Balik Penyebaran dan Desiminasi Informasi Kebijakan Kemendikbud kepada Pemangku Kepentingan", di Kuta, Jumat (22/11/2013).

"Kita tidak mungkin meniadakan UN karena itu amanat undang-undang, dan pemerintah berkewajiban melaksanakan undang-undang dengan menggelar UN untuk mengukur standar kompetensi siswa," tambah Tuti.

Hanya saja, dia juga masih melihat di berbagai daerah di mana sekolah atau orangtua terlalu memberi beban berat kepada anak atau siswanya terlebih menjelang dilaksanakan UN.

Hal itu, bisa berdampak kurang bagus bagi siswa sehingga ketika seorang siswa tidak lulus atau gagal lantas mendapat sanksi sosial cukup berat. Padahal, proses pendidikan itu investasi jangka panjang dalam pembentukan karakter siswa sebagai bekal masa depannya.

Dia mengingatkan, sekolah jangan cepat bangga dengan kelulusan siswanya misalnya sampai 100 persen atau diterima PTN diklaim sebagai prestasi mereka.

"Itu peran semuanya baik sekolah, orangtua dan siswanya, semua harus memahami bahwa keberhasilan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama," imbuhnya.


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox