atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Laser untuk Komunikasi Antar Planet

By Atjehcyber.net on 11/07/2013 | 04.13


Sejak awal misi eksplorasi luar angkasa dilakukan NASA, mereka mencoba untuk mencari cara yang tepat dalam hal komunikasi luar angkasa. Sayangnya, perkembangannya terhenti dengan sambungan komunikasi radio saja hingga kini.

Namun, seperti yang dilansir Mashable (6/11), teknologi tersebut kini mulai dikembangkan lagi. Badan antariksa Amerika Serikat tersebut dikabarkan tengah mengembangkan bentuk komunikasi antar planet baru menggunakan sinar laser.

Menurut perwakilan NASA, laser sendiri dipilih karena mampu mengirim transaksi percakapan dengan cepat. Selain itu, laser juga diketahui mampu menerima dan mengirim transmisi dengan akurat baik itu melalui pesawat luar angkasa yang beredar di sekitar tata surya.

Karena kecepatannya itu, NASA yakin bahwa teknologi ini mampu menjadi internetnya dunia luar angkasa. Setidaknya, data yang dikirim pesawat akan berjalan 10 hingga 100 kali lebih cepat dari biasanya.

"Kami yakin komunikasi laser akan jadi perubahan besar dalam komunikasi luar angkasa masa depan," kata NASA.


Sayangnya, hingga kini sendiri modal dan dana merupakan masalah besar untuk pengembangan teknologi ini. Sehingga, belum diketahui pasti kapan komunikasi seperti ini akan mulai diimplementasikan.


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox