atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Pakar IT: Jangan Membuat Masalah Jadi Tambah Besar

By Atjehcyber.net on 11/19/2013 | 15.03


Kasus penyadapan yang dilakukan oleh intel Australia terhadap Indonesia menimbulkan kasus lain, seperti perang hacker Indonesia dan Australia. Namun seorang pakar IT berpendapat, rakyat Indonesia seharusnya tetap tenang dan tidak membuat masalah jadi tambah besar.

Pakar IT sekaligus dosen Teknik Elektro dan Informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB), Budi Rahardjo, mengungkapkan sebenarnya tak perlu ada yang dipermasalahkan lebih jauh oleh rakyat Indonesia terkait kasus Indonesia dan Australia ini.

"Rakyat Indonesia dengan rakyat Australia itu tak ada masalah apapun dari dulu, ini hanya permasalahan pemerintah, biar saja pemerintah yang menyelesaikannya," kata Budi saat dihubungi melalui sambungan telefon, Selasa (19/11/2013). Budi menambahkan, antara kedua masyarakat Indonesia maupun Australia semestinya lebih tenang, dan jangan main serang.

"Lebih baik cooling down lah, masih banyak PR yang harus kita kerjakan daripada menanggapi hal-hal semacam ini," lanjut Budi. Menurutnya, para hacker di Indonesia akan lebih baik jika melakukan peningkatan pada sistem keamanan ketimbang melakukan serangan balasan.

Kasus serangan hacker yang dilancarkan oleh Indonesia dan hacker yang diduga berasal dari Australia saat ini kian memanas. Hacker yang mengaku dari Australia menyerang situs Garuda Indonesia, namun Anonymous Australia sendiri mengonfirmasi tidak menyerang situs Garuda Indonesia. Disinyalir ada pihak ketiga yang mengambil keuntungan dari kasus tersebut.


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox