atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Pameran Islami di Museum Spanyol

By Atjehcyber.net on 11/22/2013 | 13.55


MADRID - Sebuah museum swasta di sebelah selatan Spanyol menampilkan pameran berbau Islami yang sangat langka dilakukan. Benda-benda bercahaya tersebut ditempatkan pada dekorasi klasik Islam khas dari negeri Arab.

Pameran dengan tajuk "Nur" atau cahaya ini disponsori oleh perusahaan energi Abengoa yang berada di Spanyol. Pameran berisi 150 koleksi Perpustakaan Bodleian Universitas Oxford serta kolektor pribadi dari seluruh dunia.

Seperti diketahui, kini banyak bangunan Islam, terutama masjid, yang dibangun atas kerjasama umat Muslim, Yahudi, serta Kristiani. Bangunan ini dulunya merupakan gereja.

Kini, umat Islam di Spanyol sudah tidak lagi hidup berdampingan dengan kaum Yahudi dan Kristiani. Mereka hidup secara minoritas berada di kawasan selatan daerah Andalusia, Spanyol, yang dulunya menjadi surga kecil bagi mereka.

Pameran ini dikuratori oleh seorang penulis dari Tunisia yang juga ahli dalam seni Islam, dialah Sabiha Al Khemir. Pameran dibuka setiap Sabtu di Galeri Focus Abengoa Foundation.

Setelah dari sana, koleksi pameran ini juga akan dipajang di Dallas Museum of Art, Texas, pada 2014. Pameran dan terbuka untuk umum, mulai 30 Maret hingga 29 Juni 2014.


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox