atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Satelit 1,2 Ton Jatuh ke Bumi

By Atjehcyber.net on 11/12/2013 | 06.33


WASHINGTON - Satelit yang dijuluki 'Ferrari of Space' kembali ke Bumi dan terjun ke wilayah Antartika. Memiliki berat 1,2 ton, satelit ini pernah diluncurkan European Space Agency (ESA) pada 2009.

Dilansir Mirror, Senin (11/11/2013), pembangunan satelit ini menghabiskan dana sebesar 300 juta poundsterling. Pada saat memasuki atmosfer Bumi, satelit ini terbakar dan menimbulkan puing-puing di atas Asia Timur dan Pasifik Barat hingga Antartika.

Satelit raksasa yang mendapatkan julukan Ferrari karena tampilannya yang tampak mewah ini pernah melayang kurang dari 100 mil di atas Bumi. Oleh karena kehabisan bahan bakar gas xenon, satelit ini kemudian jatuh.

Operator terakhir kali mengamati satelit ini pada pukul 10.42 malam Minggu waktu setempat, melintas di atas Antartika di ketinggian 75 mil. Hancurnya satelit diyakini menyebar 45 potong puing-puing yang masing-masing memiliki berat tidak lebih dari 90,7 kilogram.

Satelit ini dinamakan Goce (Gravity Field and Steady-State Ocean Circulation Explorer). Satelit membawa gradiometer supersensitif yang digunakan untuk mendeteksi variasi kecil dalam tarikan gravitas di permukaan Bumi. Sebagian besar dari puing-puing hancurnya satelit ini terjun ke laut.

Satelit besar lainnya yang pernah jatuh ke Bumi ialah milik Rusia dengan berat 14 ton. Satelit dengan nama Phobos-Grunt Mars tersebut kembali ke Bumi pada Januari 2012.


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox