atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Satelit Bakal Hantam Bumi Hari Ini

By Atjehcyber.net on 11/11/2013 | 07.03


PARIS - Satelit seberat satu ton diprediksi bakal jatuh ke Bumi pada Minggu malam (10/11) atau Senin (11/11). Di mana lokasi jatuhnya dan seperti apa efek yang ditimbulkan?

European Space Agency (ESA) mengatakan satelit penelitian milik mereka dengan berat 1.100 kg, saat ini sudah meluncur dari ketinggian sekitar 100 mil dan menuju Bumi.

Meski telah diprediksi bakal menghantam Bumi pada Minggu malam atau Senin, para ilmuwan ESA tidak tahu persis dimana satelit tersebut akan mendarat.

Setelah mencapai jarak 50 mil di atas Bumi, satelit akan pecah dan terbakar di atmosfer. Namun, lusinan fragmen dengan total bobot 200 kilogram akan jatuh ke Bumi, meski mereka yakin tidak akan ada korban yang ditimbulkan.

"Kami berada dalam kontak dengan badan nasional perlindungan sipil di seluruh Eropa dan negara anggota ESA, sehingga mereka bisa mendapatkan semua informasi yang kami miliki yang juga mencakup informasi tentang keadaan darurat, berjaga-jaga jika bagian satelit tersebut jatuh pada wilayah berpenghuni," ujar Professor Heiner Klinkrad dari ESA, seperti dikutip SkyNews.

Satelit bernama GOCE tersebut diluncurkan pada 2009 untuk memetakan medan gravitasi di Bumi yang penting untuk memahami perubahan permukaan laut dan pola sirkulasi laut. Satelit tersebut kehabisan bahan bakar pada bulan Oktober lalu sehingga harus mengakhiri misinya.


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox