atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Z-Machines! Band Robot Pertama di Dunia

By Atjehcyber.net on 11/05/2013 | 14.02


TOKYO - Jepang memang sudah sangat maju dalam pengembangan teknologi robotnya. Mulai dari robot yang bisa berdansa, robot pembantu rumah tangga, dan sekarang, robot yang bisa memainkan alat musik dan membentuk sebuah grup band.

Jika di Indonesia ada band unik yang anggotanya terdiri dari boneka tangan Unyil dan teman-temannya, di Jepang ada sebuah band yang personelnya robot. Sang robot gitaris bernama Mach, Cosmo sang keyboardist, dan rekannya yang bertugas menabuh drum bernama Ashura. Mereka tergabung dalam sebuah band bernama Z-Machines.

Mach memiliki 78 jari elektronik dan 12 pick untuk memainkan gitarnya. Dengan dukungan ini, Mach mampu memainkan musik hingga 1.184 bpm (beat per minute). Mach didisain mirip dengan manusia dengan sebuah layar di wajahnya, dan speaker di bagian mulut agar ia bisa bernyanyi. Sedangkan rambutnya terbuat dari kabel warna-warni yang membuatnya terlihat seperti rocker dengan rambut panjang. Saat memainkan gitarnya, Mach bisa menggoyangkan kepalanya untuk menghempaskan rambut ke kanan dan ke kiri.

Sedangkan Ashura yang berwarna biru memiliki enam lengan yang menggenggam 21 stick drum sekaligus. Menabuh drum dengan ketukan tercepat yang tak pernah mampu dimainkan oleh drummer manusia manapun. Kelebihan Cosmo, selain kecanggihan memainkan keyboard, juga mampu menciptakan cahaya lampu seperti lampu panggung dari matanya. Tentu saja penampilan Z-Machines akan semakin meriah.

Ketiga robot ini adalah karya dari mahasiswa Tokyo University yang berharap ketiga robot ini nantinya bisa tampil di luar angkasa. Robot tersebut sebenarnya memulai debut pada Juli lalu, namun kembali hadir di acara Maker Fair Tokyo. Namun meski keahlian ketiga robot musisi ini sangat luar biasa, permainan mereka tetap harus dikontrol oleh seseorang yang mengendalikannya. Demikian seperti dilansir dari Daily Mail, Selasa (4/11/2013). (*/okz)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox