atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

4 Kebiasaan Aneh Semut

By Atjehcyber.net on 12/24/2013 | 02.28


Meski kecil, semut merupakan hewan yang cukup pintar dalam melakukan banyak hal. Di antaranya mereka adalah makhluk sosial yang hidup dengan kawanannya masing-masing dan saling bekerja sama.

Semut sebenarnya juga hewan yang cukup unik. Hal ini dikarenakan banyak kebiasaan aneh dari mereka yang selama ini jarang kita lihat.

Aapa saja kebiasaan aneh yang dimiliki semut? Simak ulasannya lansiran ListVerse berikut ini.

1. Membangun jebakan

'Allomerus decemarticulatus' adalah satu spesies semut yang hidup di pedalaman Amazon. Semut ini merupakan semut 'pemalas' yang lebih suka menunggu makanan daripada mencarinya.

Semut dari genus Allomerus ini mampu membangun sebuah jebakan di batang pohon dan dedaunan. Jika ada serangga lain yang terjebak di dalamnya, maka kawanan Allomerus decemarticulatus pun langsung mengerubungi serangga itu meski ukurannya lebih besar dari semut-semut tersebut.

2. Budidaya jamur 

Bertani merupakan kegiatan yang dilakukan manusia untuk mengumpulkan makanan. Namun, hal ini juga dilakukan oleh semut.

Pada 1970, sebuah penelitian berhasil membongkar fakta bahwa semut melakukan budidaya fungi di sebuah tempat khusus. Layaknya petani, semut pun memenuhi kebutuhan hidup jamur tersebut mulai dari air, pestisida, hingga pupuk alami sebelum jamur mereka panen.

3. Pintar matematika 

Menurut prinsip Fermat, jika sebuah gelombang merambat dari satu titik ke titik yang lain, maka gelombang tersebut akan memilih jejak yang tercepat. Hal ini juga dipahami oleh semut dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika sebuah koloni semut menemukan sebuah tempat penuh dengan sumber makanan, maka koloni tersebut akan memikirkan sebuah cara agar bisa menjangkau tempat tersebut dengan cepat. Semut juga memilih jalan yang memiliki permukaan lembut untuk dilewati. Namun jika jalan itu terlalu jauh, maka jalan yang keras pun dijadikan pintasan bagi mereka.

4. Semut makan komputer 

Di beberapa tempat di Amerika Serikat, banyak dilaporkan kerusakan komputer yang diakibatkan oleh semut. Hal ini bermula pada 2002 saat sebuah spesies semut baru mulai menyebar di Texas.

Semut ini disebut semut gila karena berani membasmi semut api di sana. Selain itu, mereka juga senang menggigit papan sirkuit elektronik yang ada di komputer, ponsel, kalkulator dan TV.

Akibatnya, ketika mereka menggigitnya, mereka pun akan mati karena terkena listrik statis. Namun jasad mereka rupanya memancing semut lain untuk datang sehingga sebuah komputer pun bisa rusak karena terlalu banyak terisi oleh semut ini. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox