atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Berbohong Pada Anak Wajib Dilakukan

By Atjehcyber.net on 12/30/2013 | 10.30


Secara umum, berbohong pada anak-anak ternyata bukanlah hal yang buruk. Malah, hal ini bisa membantu mereka membentuk pribadi yang mentalnya normal dan sehat.

Seperti yang dilansir oleh Mashable (25/12), hal ini disebutkan oleh psikolog said 'Dr. Matthew Lorber' dari Lenox Hill Hospital. Disebutkannya, perilaku orang tua Amerika Serikat yang membuat anak mereka percaya tentang adanya Sinterklas di hari Natal ini merupakan hal yang positif.

"Itu bukanlah hal buruk bagi anak-anak. Imajinasi adalah bagian normal dari pertumbuhan, dan imajinasi membantu mereka untuk mengembangkan cara berpikir kreatif," katanya.

Pada saatnya nanti anak-anak memang akan memahami apa yang disebutkan orang tuanya tidak sepenuhnya benar. Seperti cerita Sinterklas yang membagi-bagikan kado pada anak baik misalnya, saat sudah menginjak usia SMP anak-anak pun akan menyadari bahwa itu hanyalah khayalan semata.

Orang tua sendiri juga harus menentukan kapan saat yang tepat untuk membongkar kebohongan mereka. Salah satunya adalah dengan menanyakan apakah anak mereka percaya dengan kebohongan yang pernah mereka ceritakan.

Jika sang anak sudah mengetahuinya, maka orang tua pun bisa menjelaskan apa yang mereka maksud kala itu. (mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox