atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Berlian di Benua Antartika

By Atjehcyber.net on 12/18/2013 | 23.50


Antartika - Para ilmuwan menemukan bukti pegunungan es di benua Antartika mungkin kaya akan kandungan berlian.

Ahli geologi Australia menemukan kimberlite, batu vulkanik yang seringkali terdapat permata berharga tersebut untuk pertama kali di benua yang paling beku di dunia, Antartika.

Kimberlite dipercaya terbentuk di dalam mantel Bumi sangat dalam, yang merupakan kondisi tepat untuk membentuk berlian, demikian diwartakan SkyNews.


Namun tidak ada berlian yang ditemukan dalam sampel batu yang diambil. Studi memang hanya berfokus pada sisi geologi, bukan pada kemungkinan apakah pertambangan berlian bisa dilakukan atau berapa banyak berlian yang ada di benua itu.

Tetapi disebutkan, batuan itu identik dengan batuan serupa di lokasi lain yang berhamburan dengan berlian. Ahli geologi ragu pertambangan bisa dilakukan di Antartika karena lokasinya terpencil dan suhu tidak mendukung.

Para ahli berpikir batuan ini terdorong ke permukaan sekitar 120 juta tahun lalu, ketika Afrika, semenanjung Arab, Amerika Selatan, sub-benua India, Australia dan Antartika masih tergabung dalam superbenua yang disebut Gondwana.

Gondwana kemudian terpecah, yang menjelaskan mengapa berlian banyak ditemukan dari Brasil hingga ke Afrika Selatan dan India.

Bagaimanapun, pencarian permata berharga tersebut di Antartika adalah terlarang sampai 2041 nanti, terkait perjanjian yang melindungi benua beku tersebut hanya untuk penelitian ilmiah dan satwa liar. (*/inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox