atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

hacker Suriah makin rajin lancarkan cyber war

By Atjehcyber.net on 12/29/2013 | 09.50


Konflik berkepanjangan di Suriah membuat para hacker pro-pemerintahan jadi makin merajalela. Menurut laporan dari Electronic Frontier Foundation dan Citizen Lab, hacker yang dikenal dengan Syrian Electronic Army makin rajin melakukan serangan cyber untuk membela Presiden Assad.

Seperti yang dilansir oleh Mashable (26/12), jumlah serangan yang dilakukan SEA makin meningkat sejak tahun 2011 silam. Hacker mengerahkan tenaganya untuk memanipulasi jejaring sosial, menyuntikkan malware dan mengendalikan perangkat dari pihak oposisi.

Sebagai contoh, dalam serangan berbasis email, hacker mengirim sebuah tautan berisi video yang ternyata palsu. Video ini digunakan sebagai alat propaganda mereka agar para oposisi tidak berani melawan pemerintahan Assad.

Video ini juga berisi malware yang bisa beroperasi ketika korban melihatnya. Malware ini berupa keylogger yang bisa merekam kegiatan korban di komputernya.

Laporan ini tidak merinci apakah pihak oposisi juga membalasnya dengan cara yang sama. Namun, bisa dipastikan bahwa hacker Suriah memanfaatkan berbagai layanan Google dan Facebook untuk melancarkan aksinya. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox