atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Hantaman Meteor Bikin Kawah Baru di Bulan

By Atjehcyber.net on 12/20/2013 | 16.00


CALIFORNIA - Badan antariksa NASA baru-baru ini mengungkap tangkapan gambar yang diabadikan oleh Lunar Impact Monitoring Program. Kamera menangkap meteorid cerah yang jatuh ke permukaan Bulan.

Dilansir Universetoday, Kamis (19/12/2013), peristiwa ini menampilkan meteorid cerah yang menghantam permukaan Bulan pada 17 Maret 2013. Beberapa saat setelah hantaman tersebut, Lunar Reconnaissance Orbiter mengamati dan menemukan kawah baru yang tidak jauh dari lokasi kawah Copernicus.

Sejak 2005, instrumen pemantau milik badan antariksa Amerika Serikat ini telah mendeteksi 300 cahaya yang dipercaya berasal dari meteor yang jatuh ke Bulan. Berdasarkan pengamatan foto, peneliti percaya bahwa meteor yang menghantam permukaan Bulan ini memiliki diameter sekira 0,3 sampai 0,4 meter.

Batu luar angkasa yang jatuh tersebut melesat di kecepatan 56 ribu mph dan menghasilkan kekuatan ledakan setara 5 ton TNT. Peneliti juga memprediksi dampak hantaman meteor tersebut menciptakan kawah baru dengan diameter 20 meter.

LRO melakukan pemantauan area Bulan di ketinggian 31 mil. Peristiwa hantaman yang terjadi tepat di tanggal Saint Patrick's Day ini, maka Kawah diberi nama 'St. Pat'. Sayangnya, kawah ini tidak dapat terlihat oleh teleskop paling besar dari Bumi. (*/okz)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox