atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Ini Cara Agar Smartphone Android Terhindar Virus

By Atjehcyber.net on 12/24/2013 | 20.30


Di masa sekarang ini, yang namanya malware atau software berbahaya makin beragam saja bentuknya. Malware ini pun makin pintar karena mampu menyerang berbagai perangkat mulai dari komputer hingga smartphone.

Hal ini bisa terjadi karena makin tergantungnya manusia dengan internet. Padahal, internet inilah yang jadi sarana penularan malware tersebut pada perangkat.

Namun, untuk mengatasinya bukan berarti pengguna gadget harus menjauh dari internet. Masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar perangkat aman dari gangguan malware dan sejenisnya.

Berikut adalah 5 teknik untuk jauhkan perangkat Android dari malware seperti yang dilansir oleh Cnet (22/12).

1. Pakai aplikasi dari tempat terpercaya
Banyak pasar aplikasi alternatif selain Google Play yang ditawarkan pada pengguna Android. Namun, harus disadari bahwa alternatif ini juga rawan menjadi sarang malware yang siap menghantui perangkat Anda.

Sebaiknya pilih pasar aplikasi yang terjamin seperti Google Play, Samsung Apps, atau Amazon.

2. Hindari aplikasi mencurigakan dan bajakan
Selalu perhatikan aplikasi apa yang akan Anda pasang pada perangkat Android. Baca dulu reviewnya di internet sebelum memasangnya.

Ada baiknya pula Anda pakai aplikasi berbayar ketimbang menggunakan yang versi bajakan. Bisa jadi versi bajakan yang Anda gunakan tersebut sudah disusupi kode berbahaya yang bisa mencuri data pribadi Anda.

3. Perbaiki pengaturan keamanan perangkat
Android mulai dari versi 2.2 ke atas merupakan sasaran empuk bagi malware. Oleh karenanya, Google coba menyiasati hal ini dengan menambahkan fitur keamanan yang terletak di setiap Android.

Coba buka Setting > Security dan kemudian centang Verify Apps. Dengan hal ini, Anda akan diingatkan oleh Android tiap kali ingin memasang sebuah aplikasi dalam perangkat.

4. Update Android
Banyak produsen smartphone yang peduli dengan layanan purna jual pada penggunanya. Salah satu kepedulian tersebut ditunjukkan dengan memberikan update software terbaru dalam setiap perangkat yang mereka jual.

Sebaiknya Anda update saja Android Anda secara berkala mengikuti arahan yang dikeluarkan produsen. Hal ini bisa dilakukan lewat Setting > About phone > System updates.

5. Pasang antivirus
Meski penting, antivirus sebenarnya aplikasi yang memakan tempat dalam perangkat seperti Android. Namun, demi alasan keamanan, ada baiknya sisihkan sedikit RAM dan memori internal Anda untuk aplikasi ini.

Banyak aplikasi antivirus terbaik yang tersedia untuk Android. Pilih saja yang Anda suka dari pasar aplikasi terpercaya seperti Google Apps. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox