atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Kapal Peneliti Terjebak di Lautan Es Antartika

By Atjehcyber.net on 12/31/2013 | 04.00


Sydney - Kapal berisikan tim peneliti terjebak di lautan es di bagian Timur Antartika sejak 25 Desember lalu. Bagaimana nasibnya?

Kapal berbendera Rusia ini mengangkut 74 penumpang yang tengah menjalankan misi ilmiah 'Australasian Antarctic Expedition' ke Australia, Asia, dan Antartika. Mereka sedang menyusuri rute penjelajah Douglas Mawson yang melakukan perjalanan seabad lalu.

BBC melansir, kapal 'Academic Shokalskiy' terjebak dalam lapisan es yang tebal pada lokasi yang berjarak 1.500 mil dari laut bagian selatan Hobart, ibukota Tasmania, Australia.

Meskipun terperangkap es, para peneliti tetap melanjutkan misi ilmiah mereka karena persediaan makanan di kapal tersebut masih mencukupi. Para peneliti tetap melakukan pengukuran suhu dan kadar garam dalam retakan di lapisan es.

"Saya akan selalu mengingat ini, pasti. Ini luar biasa. Kami mendapatkan cahaya yang bagus dan cuaca yang cukup bersahabat. Kapal tampak kokoh. Saya pikir kami akan baik-baik saja," ujar Sean Borkovic, seorang peneliti yang menjadi penumpang kapal Academic Shokalskiy.

Menurutnya, tujuan dari ekspedisi ini adalah untuk mengulangi pengukuran orisinil dan studi yang pernah dilakukan Douglas Mawson untuk mengetahui bagaimana perubahan lingkungan yang terjadi dalam satu abad terakhir.

Sebuah kapal pemecah es pun telah dikirim oleh tim penyelamat. Kapal ini nantinya akan berupaya memotong bagian laut yang menjadi es sehingga kapal yang terjebak itu dapat menjangkau laut lepas. (*inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox