atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Kecanduan di Internet

By Atjehcyber.net on 12/30/2013 | 02.05


Missouri - Para peneliti di AS melacak penggunaan internet dan menemukan hubungan antara tipe penggunaan internet tertentu dan perilaku kecanduan.

Kaum muda yang menghabiskan banyak waktu di internet mungkin menunjukkan perilaku kecanduan klasik, demikian menurut penelitian terbaru.

VOA News melansir, para peneliti di Missouri University of Science and Technology, Duke University Medical Center, dan Duke Institute of Brain Sciences, melacak penggunaan internet dari 69 mahasiswa selama dua bulan.

Para peneliti itu pun menemukan hubungan antara tipe penggunaan internet tertentu dan perilaku kecanduan.

Sekitar 5% hingga 10% pengguna internet menunjukkan ketergantungan pada teknologi ini. Studi penggambaran otak menunjukkan penggunaan internet impulsif dapat menyebabkan perubahan dalam beberapa jalur reward otak yang mirip dengan apa yang terlihat di otak pecandu narkoba," ujar Profesor Murali Doraiswamy, seorang pakar psikiatri dan ilmu perilaku di Duke University Medical Center, North Carolina, AS.

Untuk penelitian tersebut, para mahasiswa diminta melengkapi survei berisi 20 pertanyaan yang disebut Internet-Related Problem Scale (IRPS). IRPS mengukur tingkat masalah yang dimiliki seseorang akibat penggunaan internet, dengan skala 0 sampai 200.

Para peneliti juga melacak penggunaan internet di kampus oleh mahasiswa yang diteliti selama dua bulan. Mereka menemukan, kisaran skor IRPS di antara mahasiswa yang diteliti selama dua bulan berada di antara 30 sampai 134 pada skala angka 200. Skor rata-rata adalah 75.

Total skor IRPS menunjukkan korelasi tertinggi dengan gaming, chatting, dan browsing, serta yang terendah dengan email dan jaringan sosial.

Menurut para peneliti, perilaku kecanduan klasik dikaitkan dengan kegiatan internet spesifik.

Contohnya, mereka menemukan bahwa introversi terkait erat dengan gaming dan chatting; keinginan akan sesuatu terkait erat dengan gaming, chatting, dan pengunduhan dokumen; dan kehilangan kendali terkait erat dengan gaming.

Kita cenderung lebih menganggap serius kecanduan terhadap narkoba daripada seseorang yang kecanduan internet. Konsekuensi negatif internet seringkali tidak terlalu dianggap penting, ujar Profesor Doraiswamy. (*/inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox