atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

NSA: Bayar Perusahaan Keamanan Untuk Jebol Akses

By Atjehcyber.net on 12/23/2013 | 18.30


WASHIHNGTON - Kasus peretasan intelijen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA), kembali terungkap. Kali ini laporan menyebutkan bahwa NSA membayar perusahaan keamanan bernama RSA sebanyak USD10 juta atau sekira Rp122 miliar (kurs Rp12.212 per USD) untuk mendapatkan akses ilegal dalam mengenkripsi sistem.

Seperti dilansir dari Reuters (23/12/2013), uang yang diberikan NSA kepada RSA tersebut untuk mendapatkan angka acak kriptografi perpustakaan BSAFe. NSA menggunakan sistem bernama Dual Elliptic Curve, kurva algoritma yang telah dimilikinya untuk mengenkripsi angka tersebut.

Salah satu mantan karyawan RSA melapor pada Reuters bahwa tidak semua akses dari pintu belakang alias ilegal diberikan seluruhnya kepada NSA. Namun di lain hal, mantan karyawan RSA tersebut mengakui bahwa RSA membuat kesalah besar ketika menandatangin kontrak yang diajukan oleh NSA. Namun ia juga menekankan bahwa akses ilegal yang diberikan oleh RSA tak sepenuhnya diberikan secara cuma-cuma, NSA harus bekerja lagi untuk memecahkan kode yang diberikan oleh RSA.

Karena kesepakatan antara RSA dan NSA ini merupakan kesepakatan para petinggi bisnis, bukan berdasar pada teknologi, maka perjanjian tersebut tak diungkapkan dan dibesarkan kepada media. (*/okz)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox