atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

NSA Pasang 'Spyware' di Perangkat Elektronik Dunia

By Atjehcyber.net on 12/31/2013 | 05.07


YORK - Aksi penyadapan yang dilakukan badan intelijen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA), kembali diungkapkan melalui bukti. Media massa asal Jerman, Der Spiegel, membongkar dokumen yang menyebutkan bahwa NSA juga menanamkan spyware atau virus untuk menyadap pada perangkat elektronik pabrikan perusahaan dunia.

Der Spiegel melaporkan, sebagaimana dilansir dari CNet, Senin (30/12/2013), NSA memiliki jalan rahasia untuk melakukan penyadapan menggunakan perangkat elektronik yang digunakan oleh orang kebanyakan pada umumnya seperti komputer, hard drive, router dan lain-lain. Perusahaan produsen perangkat elektronik tersebut pun berbagai macam seperti Cisco, Dell, Western Digital (WD), Seagate, Maxtor, dan Samsung. Spyware yang ditanamkan oleh NSA ini bahkan sudah ada sebelum pengguna membeli perangkat elektronik yang diinginkannya. Dengan kata lain, ditanamkan pada saat produksi.

Dokumen yang diungkap oleh Der Spiegel menjelaskan tentang 50 halaman produk alat-alat penyadapan dan teknik yang digunakan oleh NSA dalam melakukan misi pengintaian yang disebut oleh NSA sebagai ANT, yang artinya Advanced/Access Network Technology. ANT ini tak lain digunakan untuk mendapat akses ke sebuah perangkat elektronik target.

Laporan ini makin dikuatkan oleh berita yang mengabarkan bahwa NSA membayar perusahaan sekuritas bernama RSA untuk memberikan akses untuk enkripsi kode-kode. ANT ini bekerja pada dasar perangkat elektronik saat pertama kali perangkat tersebut dihidupkan. Lebih lagi, spyware ini tidak dapat dideteksi oleh sebagian besar software antivirus yang ada di pasaran.

Dari beberapa perusahaan yang disebutkan di atas, terkecuali Dell, mengakui tak tahu apa-apa tentang penanaman spyware yang dilakukan oleh NSA di tiap perangkat pabrikannya. "Kami tak bekerja sama dengan pemerintahan manapun untuk melemahkan produk kami demi eksploitasi, begitu pun dengan akses jalan belakang untuk menjebol sistem pertahana produk kami," demikian pernyataan Cisco. (*/okz)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox