atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Orang yang Mengetik dengan Cepat Justru Tidak Hafal Keyboard

By Atjehcyber.net on 12/07/2013 | 23.45


Tahukah Anda, bahwa ternyata orang yang dapat mengetik dengan cepat justru tidak bisa menghafal keyboad.

Hal ini diungkapkan oleh peneliti dari Universitas Vanderbilt, yang baru saja melakukan studi pada orang-orang yang memiliki keterampilan mengetik cepat pada keyboard.

Dikutip dari Ubergizmo (6/12), para peneliti melakukan tes pada peserta dengan meminta untuk memetakan keyboard biasa dalam waktu 80 detik. Salah satu persyaratannya adalah pesertta harus mencapai kecepatan mengetik rata-rata minimal 72 kata per menit dan mendapat akurasi minimal 94 persen.

Bagaimana hasilnya?

Ternyata mereka hanya mendapatkan presentase benar sebesar 57 persen, dan 22,3 persen salah.

Percobaan kedua dilakukan dengan menggunakan keyboard kosong, artinya tidak ada huruf yang tercetak pada keyboard tersebut. Peserta diminta untuk mengetik dan hasilnya 65 persen benar. Sementara sisanya masih salah, bahkan mereka hampir tak bisa berbuat apa-apa karena tidak ingat.

Berdasarkan penelitian ini, dapat diambil garis besar bahwa sebenarnya orang yang dapat mengetik dengan cepat sebenarnya tidak tahu banyak tentang keyboard. Artinya keterampilan mengetik yang baik terkadang membuat orang tersebut justru lupa terhadap letak meskipun sudah kebiasaan. Tidak semudah yang Anda bayangkan bukan?

Mungkin studi ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan mengetik pada keyboard kosong dan lihat, sebarapa tinggi skor Anda mengingat keyboard. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox