atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Siap-siap! Malam Ini Puncak Hujan Meteor di Langit Indonesia

By Atjehcyber.net on 12/13/2013 | 18.20


Langit Indonesia akan dihiasi hujan meteor Geminid malam ini, Jumat 13 Desember 2013. 

Menurut Profesor Riset Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, fenomena alam ini sebetulnya sudah terjadi sejak 4 Desember lalu.

"Tapi, puncaknya malam ini. Geminid itu hujan meteor yang cukup besar," kata Thomas saat dihubungi VIVAnews. Biasanya, imbuh Thomas, puncak terbanyak hujan meteor itu terjadi selepas tengah malam menjelang subuh.

Lebih lanjut dia mengatakan, hujan meteor ini biasanya terjadi setiap bulan Desember. Setiap bulan tersebut, Bumi berpapasan dengan sisa-sisa debu komet.

Debu-debu itu kemudian masuk ke Bumi sebagai meteor. "Penampakannya nanti seperti bintang berpindah titik. Dan jumlahnya banyak," jelas Thomas.

Sayangnya, sebagian besar wilayah Indonesia mendung dan diguyur hujan sehingga fenomena alam nan cantik itu sulit terlihat. 

"Semoga saja ada wilayah yang langitnya cerah nanti malam sehingga bisa melihat hujan meteor terakhir di tahun ini," kata dia. (*/viva)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox