atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Smartphone China Musuh Apple & Samsung

By Atjehcyber.net on 12/08/2013 | 03.43


San Francisco - Musuh Apple bukanlah Samsung, begitu pula sebaliknya. Para analis justru memberi peringatan, musuh kedua produsen besar smartphone itu adalah vendor dari China.

Pangsa pasar Apple dan Samsung, diprediksi lambat laun bakal semakin diambil produk smartphone buatan China yang mampu menawarkan harga jauh lebih murah namun dengan spesifikasi premium.

"Para vendor asal China bisa menggunakan strategi sangat baik saat menembus pasar mobile, yakni memperkenalkan produk berkualitas tinggi dengan harga rendah. Tak ada satu pun dari produsen besar yang mampu mengalahkan itu,” ujar Profesor John Zhang, pakar marketing China, seperti dilansir CNBC.

Meski demikian, untuk saat ini baik Samsung maupun Apple masih bisa tersenyum. Karena berbagai vendor asal China seperti Xiaomi, Lenovo, ZTE, dan Huawei sepertinya masih fokus terhadap pasar dalam negeri mereka.

Sejauh ini, perangkat smartphone asal China memang masih sulit menembus pasar AS. Pasalnya, kebanyakan dari mereka tidak terikat sistem kontrak dengan berbagai operator seluler ternama di Negeri Paman Sam tersebut. Padahal, sistem kontrak operator itu menjadi penghubung utama antara vendor smartphone dengan konsumen AS.

Menurut data Strategy Analytics, iPhone masih memimpin pasar smartphone AS dengan pangsa pasar 32,9%, diikuti oleh Samsung yang menempel ketat dengan perolehan 32,6%. Sementara vendor asal China yang baru bisa menembus empat besar di AS adalah ZTE dengan raihan 5,8%. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox