atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Tangan Artifisial untuk Penyandang Disabilitas

By Atjehcyber.net on 12/08/2013 | 23.22


Teknologi saat ini terus berkembang dan makin memudahkan kegiatan manusia, salah satu teknologi baru ini yang sangat membantu kaum penyandang disabilitas.

Dilansir Ubergizmo (6/12), sebuah temuan peneliti dari Cleveland Veterans Affairs Medical Center dan Case Western Reserve University berupa tangan artifisial canggih yang diklaim dapat membantu kaum disabilitas terutama yang tidak memiliki tangan.

Tangan artifisial ini memiliki 20 sensor canggih yang bisa disambungkan langsung ke sistem saraf lengan penggunanya. Hal ini membuat pengguna bisa merasakan indra peraba layaknya memiliki lengan dan tangan asli.

Teknologi tangan artifisial dengan sensor ini akan sangat berguna ketika pengguna tangan artifisial ini memegang atau mengangkat benda dalam kegiatan sehari-hari.

Berdasarkan lansiran tersebut, tangan palsu ini bekerja dengan metode stimulus listrik yang secara tidak langsung akan memicu impuls saraf, yang mana saat mendekati suatu benda akan langsung merangsang ujung saraf yang sama. Dengan metode ini pengguna diklaim dapat kembali merasakan indra peraba mirip dengan tangan normal.

Sayangnya, masih belum diketahui kapan tangan palsu atau tangan artifisial ini akan diproduksi secara masal dan beredar secara luas di pasaran. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox