atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Twitter: Senjata Ampuh Perangi Kriminal

By Atjehcyber.net on 12/23/2013 | 15.30


Madrid - Menurut kepolisian Spanyol, Twitter adalah cara paling mudah dan efektif memerangi kejahatan. Benarkah sosial media memiliki pengaruh sedemikian besar?

Dengan lebih dari 680 ribu follower, 70 ribu teman di Facebook dan lebih dari 4,2 juta penonton di akun YouTube, kepolisian di Spanyol layaknya selebritis sosial media.

Sebagai pembanding, kepolisian di Spanyol tercatat memiliki follower terbanyak kedua setelah FBI di kategori lembaga penegakan hukum. Belum lagi catatan rata-rata retweet yang mencapai 16 ribu kali per minggu.

Beberapa lembaga penegakan hukum ternyata menemukan cara efektif dan tanpa biaya melawan kejahatan via sosial media seperti Twitter, seperti yang dilakukan mereka.

"Ketika FBI lebih banyak mem-posting pernyataan, kami lebih proaktif dan menggunakan sosial media dalam cara preventif," ujar pihak kepolisian di Spanyol seperti dikutip Bloomberg.

"Kami menemukan Twitter adalah alat komunikasi paling berguna untuk berhubungan dengan warga dan menangkap penjahat."

Akun Twitter @policia kebanyakan mem-posting konten dan tagar yang memotivasi para warga Spanyol, agar waspada terhadap lingkungan sekitar dan secara aktif melaporkan situasi yang terjadi.

Hasilnya, mereka menerima ratusan email dari warga yang memberikan info dari mulai pengedar narkoba, hingga kejahatan lainnya. Lewat kampanye di Twitter, 350 orang telah ditangkap dengan lebih dari 450 kilogram obat-obatan terlarang disita.

Selain tindak kriminal, sosial media juga membantu mereka memerangi pornografi anak secara online, memerangi penculikan, kekerasan seksual, dan banyak kejahatan lainnya.

Karena reputasinya yang hebat di sosial media, banyak kepolisian negara lain mendekati mereka untuk mempelajari bagaimana cara ampuh menangani kejahatan via sosial media. (*/inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox