atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ada Awan Pelangi, Pertanda Gempa Besar?

By Atjehcyber.net on 1/09/2014 | 14.10


Banyak orang di Provinsi Sichuan, China, pada 2008 lalu digemparkan oleh sebuah fenomena yang nampak di atas langit. Mereka menduga bahwa langit di atas mereka baru saja dilewati benda melayang tidak dikenal atau UFO.

Namun, seperti yang dilansir oleh Cnet (6/1), akhirnya anggapan tersebut mulai sirna hari ini akibat adanya temuan ilmiah terbaru. Diduga, fenomena angkasa aneh itu ada hubungannya dengan gempa 8 SR yang menewaskan lebih dari 70 ribu orang di sana.

Sebuah studi dari Seismological Research Letters menyebutkan bahwa awan berwarna pelangi tersebut disebabkan karena adanya pembentukan proses listrik dari beberapa batu yang bergesekan di bumi. Gesekan tersebut tak lain adalah gempa berkekuatan 8 SR tersebut.

Fenomena seperti ini juga terjadi di L'Aquila, Italia, pada 2009 yang kemudian juga dilanda gempa. Hal yang sama pun terjadi di gempa 1988 di Quebec, Kanada.

Sebelumnya, orang-orang sempat menduga bahwa awan berbentuk pelangi yang muncul di Sichuan, China tersebut adalah UFO, burung, atau pesawat terbang. Namun sedikit sekali fakta pendukung yang bisa digunakan untuk membenarkan anggapan tersebut. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox