atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Ada 'Blueberry' di Mars

By Atjehcyber.net on 1/11/2014 | 10.40


CALIFORNIA - Teka-teki tentang planet Mars tak pernah ada habisnya. Planet berwarna merah tersebut sudah dieksplorasi oleh beberapa robot penjelajah dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), dan ternyata robot-robot penjelajah itu menemukan berbagai macam hal aneh, seperti ditemukannya 'buah blueberry'.

Robot penjelajah Mars bernama Spirit dan Opportunity telah melakukan tugasnya untuk mengeksplorasi dan memotret objek-objek yang ada di Mars selama satu dekade lalu. Kini hasil jepretan dari robot-robot penjelajah tersebut akan dipamerkan dalam acara Smithsonian's National Air and Space Museum di Washington DC mulai besok.

Robot penjelajah bernama Mars Rover Opportunity menemukan sekumpulan objek berbentuk seperti buah blueberry di daerah kawah Eagle Crater di Mars. Setelah memotret objek aneh tersebut, Opportunity menganalisis benda tersebut dengan spectometer.

Teori dari peneliti mengatakan objek seperti buah blueberry tersebut meruapakan hasil dari reaksi kimia yang gagal karena tak ada bantuan dari unsur kehidupan. Pada tahun lalu peneliti mengungkapkan bukti yang jelas bahwa mikroba tersebut merupakan bagian dari sifat dasar pembentukkan kehidupan. Hal tersebutlah yang membuat para peneliti memprediksi bahwa planet Mars memiliki air.

Penemuan mikroba berbentuk seperti buah blueberry itu tak hanya memberikan tanda bahwa di Mars memiliki air, tapi juga dugaan bahwa pernah ada mikroba yang hidup di planet berwarna merah itu. Kedua robot penjelajah ini tak hanya menemukan objek berbentuk seperti buah blueberry, tapi juga sebuah padang pasir yang sangat luas.

Beberapa foto unik akan dipamerkan di pameran berjudul 'Spirit and Opportunity: 10 Years Roving Across Mars' di Washington, pada 10 Januari 2014. Demikian seperti dilansir DailyMail, Kamis (9/1/2014).

Spirit dan Opportunity mendarat di Mars secara terpisah pertama kali pada Januari 2004 di belahan planet yang berbeda. Keduanya melakukan eksplorasi pada gunungan, meteorit, dan kawah yang terdapat di Planet Merah. (*okz)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox