atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Amerika Sebar Malware Melalui Gelombang Radio

By Atjehcyber.net on 1/16/2014 | 04.55


Apabila ada anggapan bahwa sebuah perangkat komputer entah itu PC atau pun laptop yang tidak terhubung dengan internet pasti aman dari penyadapan, maka pandangan itu harus diubah.

Menurut laporan terbaru, National Security Agency (NSA) milik Amerika Serikat bahkan mampu menyadap PC atau laptop yang tidak terhubung dengan internet sekalipun.

Dikutip dari Business Insider (15/01), untuk melakukan penyadapan terhadap perangkat yang tidak terhubung dengan internet, NSA menggunakan 'jasa' malware khusus yang disebarkan secara diam-diam melalui gelombang radio.

Benarkah malware mampu menginfeksi suatu perangkat hanya dengan gelombang radio?

Dalam suatu penelitian yang dilaporkan pada awal Desember 2013 lalu terungkap, ada anggapan bahwa nantinya cybercriminal dapat mencuri data hanya dengan menggunakan gelombang suara yang juga dapat disetarakan dengan gelombang radio.

Setelah perangkat terinfeksi dengan malware khusus tersebut, maka secara otomatis, barang elektronik itu akan menjadi mata-mata yang tidak diketahui oleh siapa saja dan dijadikan sarana efektif bagi NSA untuk mengetahui apa saja yang sedang dilakukan oleh seseorang.

Cara kerja malware ini adalah dengan cara mengeksekusi tugas dari BIOS dan mengambil alih semua fungsi perintah di sebuah komputer. Setelah itu, apabila komputer telah berhasil dilumpuhkan, maka apa yang sedang dilakukan oleh penggunanya dapat dikirimkan melalui cara yang sama ke NSA. (*mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox