atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

AS Takut Akan Osama Bin Laden Versi Virtual

By Atjehcyber.net on 1/10/2014 | 00.10


Washington - Menurut sebuah studi rahasia, pihak intelejen AS khawatir dengan kemunculan versi virtual dari mendiang Osama Bin Laden. Apa maksudnya?

"Bayangkan jika pendukung jihad membuat avatar dari Osama bin Laden dan menggunakan rekaman suaranya untuk menghidupkan avatar tersebut demi menampilkan tampilan virtual dirinya yang dapat digunakan untuk berfatwa, hingga menyebarkan dogma untuk media," tulis studi dari Office of the Director of National Intelligence (ODNI), seperti dikutip Mashable.

Menurut studi itu, avatar Osama bisa mempublikasikan dan mengeluarkan fatwa baru hingga ratusan tahun kedepan pada teroris pengikutnya, lewat tampilan virtual yang bisa saja memberikan motivasi baru.

Ini bukanlah kali pertama intelijen AS menyuarakan kekhawatirannya tentang aksi para teroris yang mengeksploitasi dunia maya.

Pada 2008, seorang peneliti di Pentagon menjelaskan bagaimana teroris bisa menggunakan game bergenre shooter populer, World of Warcraft, untuk merencanakan serangan ke Gedung Putih.

"Sangat dimungkinkan musuh (teroris) akan semakin menggunakan dunia maya untuk terlibat dalam propaganda, perekrutan, koordinasi, pelatihan, dan pengumpulan informasi," tulis studi tersebut.

Bahkan, menurut studi, perangkat canggih seperti Google Glass juga bisa saja disalahgunakan dalam keterkaitannya dengan representasi virtual ini. (*inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox