atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Awal Mula Perseteruan iPhone vs Android

By Atjehcyber.net on 1/26/2014 | 15.24


Sudah menjadi perseteruan sejak 2007, dikatakan bahwa ponsel pintar Android menjiplak maha karya Steve Jobs, yakni iPhone. Namun kabar yang tersiar begitu banyak versi, sebenarnya siapakah yang meniru dan ditiru?

Dilansir dari Mashable, Minggu (22/12), salah satu teknisi Google, Chris DeSalvo, mengungkapkan bagaimana sejatinya perseteruan platform ini bermula.

DeSalvo mengatakan, saat Steve Jobs menyingkap temuan terbarunya bernama iPhone pada 2007, tim pencipta Android juga sudah melakukannya.

Yang membuat keduanya berbeda adalah kecepatan, Jobs sudah lebih dulu menelurkan, sedang tim Android masih berkutat dengan permasalahan.

Enam bulan sebelum iPhone dirilis, DeSalvo bersama tim Android lain beserta pemimpinnnya, Andy Rubin, sudah mengerjakan proyek prototipe platform Android.

Tim Android sudah menetapkan perencanaan tanggal peluncuran platform Android, yakni akhir tahun 2007. Namun rencana itu hanya tinggal rencana ketika iPhone dirilis lebih dulu oleh Apple.

DeSalvo mengakui, ketika Jobs memamerkan iPhone ke hadapan dunia, tim Android merasa minder dengan platform yang tak lebih baik dari penampilan serta performa iPhone.

"Ponsel itu sendiri terlihat jelek," kata DeSalvo. Ponsel prototipe Android tampak seperti BlakcBerry ketimbang desain logam dan kaca nan elegan yang diperkenalkan Steve Jobs.

Melihat iPhone, tim Android buru-buru mengubah konsep ponsel Android dari berbagai sisi, yang salah satunya berfokus pada teknologi layar sentuh.

Yang kemudian lahirlah ponsel Android pertama dari vendor HTC bernama HTC Dream. Peluncuran dilaksanakan pada musim gugur di 2008, namun saat itu Jobs bersama Apple sudah melejitkan iPhone generasi kedua; iPhone 3G.


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox