atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Facebook Miskin Inovasi Untuk Trending Topic

By Atjehcyber.net on 1/17/2014 | 20.00


Entah apa yang terjadi pada Facebook, makin besar jumlah penggunanya, makin banyak pula fitur Facebook yang tidak murni dari hasil pemikiran sendiri. Kali ini, fitur yang mereka tiru adalah Trending Topic seperti yang ada di Twitter.

Hal ini pun menambah panjang daftar fitur yang dicuri oleh jejaring sosial terbesar di dunia tersebut dari para pesaing atau aplikasi lainnya. Sebelumnya, tercatat fitur-fitur kecil dari Twitter seperti Hashtag, Follower, hingga aplikasi Snapchat dan Flipboard juga dijiplak secara langsung oleh Facebook.

Berbagai hal yang dijiplak Facebook tersebut seakan menandakan bahwa mereka makin miskin inovasi. Sehingga, satu-satunya cara untuk memberikan penyegaran pada penggunanya, adalah dengan memberikan fitur yang sudah jadi primadona di layanan lainnya.

Padahal, sebagai jejaring sosial terbesar dan tercatat sebagai perintis di dunia jejaring sosial, Facebook harusnya jadi contoh bagi jejaring sosial lainnya termasuk dalam hal kreativitas. Bukan malah hanya mengamati, tiru, dan modifikasi fitur milik jejaring sosial yang masih belum bisa bersaing dengannya.

Memang, fitur terbaru yang dicontek Facebook sedikit berbeda ketimbang yang ada di Twitter. Namun, idenya sebenarnya mirip sehingga boleh dibilang meniru Twitter yang lebih dulu memperkenalkannya.

Kemarin, Facebook akhirnya membongkar satu lagi fitur baru di jejaring sosialnya. Fitur ini adalah trending topic yang menampilkan pembicaraan yang sedang hangat di sana.

Seperti yang dilansir oleh The Verge (16/1), fitur ini mulai muncul di sisi kanan atas linimasa beberapa pengguna Facebook. Di dalamnya, terpampang beberapa topik pembicaraan yang sedang hot-hotnya didiskusikan pengguna Facebook.

Beberapa topik yang dibicarakan antara lain adalah acara televisi, perayaan besar, hingga artikel populer. Semua hal ini muncul berkat algoritma Facebook yang mencari kata kunci apa yang sedang banyak digunakan orang-orang kebanyakan.

Jika salah satu topik tersebut diklik, maka pengguna nantinya akan ditujukan pada laman fanspage milik publik figur atau merek terkait. Selain itu, bisa juga diarahkan ke teman yang sedang membicarakan topik tersebut. (*mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox