atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Foto Hoax yang Menghebohkan

By Atjehcyber.net on 1/24/2014 | 08.00


Sejak era teknologi dan internet dimulai dan masuk jauh ke kehidupan manusia, banyak sisi positif yang berhasil dilahirkan. Tentu saja, tidak hanya positif saja, sisi negatif pun juga muncul, salah satunya adalah berita dan gambar hoax.

Berita atau gambar bahkan video hoax bukan satu hal yang baru lagi sekarang ini. Sudah banyak orang yang secara terang-terangan menelan berita tersebut tanpa menyaringnya terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa gambar beserta keterangan singkatnya terkait dengan foto-foto hoax yang sempat menghebohkan internet.

1. Tengkorak dan tulang raksasa 



Maret 2007, ada satu berita menghebohkan yang dilansir oleh media dari India bernama Hindu Voice. Dalam berita tersebut yang memuat bahwa telah ditemukan makam raksasa beserta tengkorak dan tulang belulangnya.

Bahkan editor dari beritanya mengatakan bahwa penemuan tersebut adalah hasil kerja keras team dari National Geographic Society yang bekerja sama dengan tentara India.

Namun ternyata, setalah banyak pihak bahkan media lain mengangkat berita serupa, muncul banyak kejanggalan yang akhirnya terungkap bahwa gambar itu adalah hoax semata.

2. Plesiosaurus di pesisir pantai 



September 2006 silam, ada berita tak kalah menghebohkan yaitu ditemukannya hewan pra sejarah, Plesiosaurus yang masih dalam keadaan utuh walaupun sudah mati tergeletak di pinggir pantai.

Usut punya usut, ternyata foto tersebut benar-benar palsu atau hoax. Karena hewan dalam foto tersebut sebenarnya bukanlah bangkai dinosaurus melainkan seekor hiu besar yang mati dan terseret sampai ke bibir pantai.

Sang pembuat foto mengedit segala macam termasuk menghilangkan sosok anak kecil yang waktu itu juga ikut terabadikan oleh kamera.

3. Hiu di supermarket 



Di pertengahan tahun 2012 lalu, ada satu foto yang beredar di internet dan cukup menghebohkan. Dalam foto tersebut memperlihatkan 2 ekor hiu sedang berenang-renang di bawah ekskalator.

Kabarnya, waktu itu memang terjadi banjir yang menggenangi banyak tempat sekaligus bangunan dan salah satunya adalah supermarket tersebut.

Usut punya usut, ternyata foto itu adalah hasil rekayasa dengan menggunakan Adobe Photoshop.

4. Raksasa Cardiff 



Pernah ada satu foto hitam putih yang beredar di internet dengan caption "Cardiff Giant" atau "Raksasa Cardiff." Dalam foto tersebut terlihat ada satu sosok besar yang sedang tidur berukuran besar di dalam sebuah galian tanah.

Memang secara tampilan, gambar raksasa Cardiff tersebut terlihat nyata, namun ternyata foto itu hanyalah sebuah rekayasa yang awalnya merupakan impian dari seseorang warga New York bernama George Hull di tahun 1868.

5. Gulungan awan di atas Patung Liberty 



Mendekati penghujung tahun 2012 lalu, Amerika Serikat diserang badai besar yang bernama badai Sandy. Badai yang merupakan gabungan antara hujan dan angin kencang ini sempat memporakporandakan beberapa tempat di negara Paman Sam itu.

Bertepatan dengan hadirnya badai itu, muncul pula satu foto yang sangat fantastis apabila dilihat dari sisi fotografinya. Namun ternyata foto gulungan awan hitam menyeramkan di atas Patung Liberty itu hanyalah hasil edit Adobe Photoshop saja, bukan sebenarnya.

6. Gurita raksasa 



Di awal tahun 2014 ini, ada berita yang tak kalah menghebohkan yaitu ditemukannya bangkai gurita super besar di pinggiran pantai Santa Monica.

Tentunya apabila melihat sekilas, gambar ini nampak nyata, namun sebenarnya foto tersebut hanyalah hoax saja. Kondisi sesungguhnya adalah orang-orang yang terabadikan dalam foto itu sedang mengerumuni bangkai seekor ikan paus kecil di pinggiran pantai tersebut, namun oleh seseorang diganti dengan tubuh seekor gurita. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox