atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Game Jadul Kini Kembali ke Internet

By Atjehcyber.net on 1/06/2014 | 13.30


Permainan video klasik dari era 1970-an dan 1980-an disediakan online oleh perpustakaan digital Internet Archive dan bisa dimainkan dengan penjelajah web (browser) secara gratis.

Koleksi ini diluncurkan dengan permainan dari lima konsol rumah yang pertama kali diproduksi, termasuk Atari 2600 dan Colecovision.

Permainan ini belum memiliki suara tapi akan segera dilengkapi.

"Dalam beberapa bulan mendatang, koleksi piranti ringan permainan akan berkembang pesat," kata seorang pustawakan, Jason Scott.

"Menghadirkan kembali permainan klasik ini untuk dunia, secara instan, memungkinkan adanya komentar, pendidikan, hiburan dan memori akan sejarah dari permainan ini," tambahnya.

Area abu-abu 

Mesin lain yang diikutsertakan adalah Atari 7800, Magnavox Odyssey dan Astrocade.

Judul-judul terkenal seperti Pacman, Space Invaders dan Froggers tersimpan di perpustakaan dan lebih banyak konsol serta permainan lainnya akan segera ditambahkan.

Selama bertahun-tahun, komunitas pencinta permainan video membuat ROM atau read-only-memory yang berfungsi seperti duplikat.

ROM bisa dimainkan di komputer biasa dengan menggunakan alat bernama emulator, tetapi permainan ROM banyak yang dinyatakan ilegal, terutama jika dibuat oleh Nintendo dan Sega karena dianggap sebagai pembajakan.

Namun permainan yang berusia antara 40 dan 30 tahun seperti yang disimpan di Internet Archive berada di area abu-abu karena belum tersentuh aturan hukum. (/kom)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox